Serba Serbi Pengiriman Barang Yang Perlu Anda Ketahui

Spread the love

Serba Serbi Pengiriman Barang Yang Perlu Anda Ketahui

Pengiriman barang merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendistribusikan produk berupa barang atau jasa pada pelanggan. Untuk melakukan pengiriman barang perlu dilakukan persiapan sehingga pesanan bisa sampai ke tangan pelanggan dengan memuaskan.

Menurut pemberi jasa pengiriman cargo murah Jakarta, sebenarnya ada banyak hal penting yang perlu diperhatikan perihal pengiriman barang yang akan diuraikan dalam artikel berikut ini.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Lakukan Pengiriman Barang

Untuk Anda yang berencana melakukan pengiriman barang, sebaiknya simak beberapa hal penting yang harus diperhatikan berikut ini. Tujuannya agar supaya Anda bisa mendapatkan layanan jasa pengiriman barang yang memuaskan dan sesuai harapan.

Mengingat ada banyak kasus kerugian dan kekecewaan yang terjadi ketika layanan pengiriman barang dipilih tanpa pertimbangan yang tepat.

Kemas Barang Kiriman Dengan Aman

Meski beberapa jasa pengiriman barang sudah menyediakan layanan pengemasan ulang untuk setiap barang yang akan dikirimkan, namun akan lebih baik jika Anda benar-benar mengemas-nya dengan.

Terutama untuk jenis barang kiriman yang mudah rusak, mudah pecah seperti barang pecah belah atau jenis barang berharga. Pastikan untuk mengemas-nya dengan rapi dan aman dengan menggunakan kemasan dus dilapisi bubble wrap.

Pastikan juga untuk menambah keterangan tambahan untuk menjaga produk kiriman tetap aman dan utuh. Seperti misalnya menempelkan stiker bertuliskan barang mudah pecah belah akan memberikan informasi dengan cepat pada pihak jasa ekspedisi untuk memperlakukan kiriman barang dengan sebaik-baiknya.

Isi Detail Penerima Dengan Lengkap, Jelas Dan Benar

Barang kiriman akan lebih mudah sampai ke alamat pelanggan dengan cepat hanya jika detail penerima tercantum dengan lengkap, jelas dan benar. Maka dari itu sebaiknya pastikan detail pelanggan meliputi nama penerima, alamat lengkap, kode pos dan nomor telepon tertulis dengan jelas serta benar.

Perihal pengiriman barang yang akan memerlukan tahapan yang panjang dan menemui perpindahan tempat setiap waktunya sehingga untuk membuatnya berjalan dengan lancar alamat dan nama penerima harus bisa terbaca dengan mudah.

Lihat Review Pelanggan Atas Layanan Jasa Pengiriman Barang

Masing-masing bisnis jasa pengiriman barang memiliki kualitas layanan tersendiri yang harus dipertimbangkan dengan baik dan benar. Anda bisa menyimak review yang diberikan pelanggan atas layanan dari jasa pengiriman barang yang digunakan, jika memuaskan maka bisa dilanjutkan.

Namun jika ternyata pelayanannya buruk dan justru mengecewakan pelanggan maka perlu dipertimbangkan untuk mencari jasa pengiriman barang lainnya.

Jenis Shipping Paling Fleksibel

Proses memindahkan barang yang dilakukan dari satu wilayah ke wilayah lainnya disebut dengan proses shipping.

Nah pilihan shipping yang paling fleksibel dan memiliki tarif yang paling murah dalam perihal pengiriman barang adalah dengan menggunakan jalur laut. Berikut ada beberapa jenis kapal yang digunakan untuk shipping :

  • Kapal kargo adalah jenis kapal yang digunakan untuk mengirimkan barang dengan kapasitas mulai 5.000 dwt hingga 25.000 dwt dengan rincian muatan seperti kontainer, karung, curah dan lainnya.
  • Kapal tanker adalah jenis kapal yang didesain khusus untuk membawa barang kiriman berupa minyak dan material cair yang sejenis. Kapal tanker ini mempunyai keamanan dan protokol pengiriman yang berbeda sehingga otomatis tak bisa digunakan untuk mengirimkan barang.
  • Kapal kargo curah adalah jenis kapal kargo yang digunakan untuk membawa barang muatan berupa bahan curah atau yang popular dengan sebutan bulk carrier. Di antaranya seperti barang muatan berupa produk hasil hutan dan hasil tambang.
  • Kapal kontainer adalah jenis kapal yang dipakai untuk mengangkut kontainer dengan muatan barang ekspor yang mana produknya harus dikemas terlebih dahulu.

Memilih Biaya Pengiriman Yang Lebih Murah

Tentunya banyak yang sudah mengenal jenis pengiriman kargo yang kini mulai banyak diminati untuk mengirimkan barang dalam jumlah banyak atau yang berukuran besar dengan biaya yang lebih hemat.

Hal tersebut benar adanya, karena dalam pengiriman kargo akan dikenakan tarif dasar yang jauh lebih terjangkau dibandingkan biaya pengiriman jenis regular. Estimasi waktu pengiriman juga tak berbeda jauh dengan jenis paket regular, sehingga sangat tepat untuk dipilih jika Anda ingin mengirimkan jenis barang yang berukuran besar atau dalam jumlah banyak.

Simpan Nomor Resi Pengiriman

Setelah Anda mengirimkan barang pesanan kemudian akan menerima nomor resi pengiriman yang menjadi bukti pengiriman barang sudah diproses. Simpan dengan baik nomor resi pengiriman tersebut karena memiliki banyak kegunaan di antaranya adalah menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar mengirimkan barang pesanan pelanggan.

Kegunaan lainnya adalah resi pengiriman bisa digunakan untuk melacak barang kiriman sehingga bisa diketahui kapan akan sampai di alamat yang dituju. Demikian serba serbi perihal pengiriman barang yang perlu Anda ketahui.

Pastikan untuk memilih jasa pengiriman barang yang berkualitas dan terpercaya untuk memastikan barang kiriman pelanggan sampai tepat waktu dengan aman dan selamat.