Berbagai Macam Jenis Pipa Yang Umum Digunakan

Spread the love

Macam Jenis Pipa

Pada masing-masing bangunan Anda akan menemukan berbagai macam jenis pipa baik untuk kebutuhan industri maupun pemakaian di rumah. untuk pipa yang digunakan di rumah cenderung tersembunyi akan tetapi memiliki berbagai fungsi yang penting terutama untuk mendukung aktivitas di rumah.

Fungsi utama dari pipa di rumah yakni mengalirkan air bersih di kamar mandi sampai dengan menjadi saluran pembuangan dari kotoran rumah tangga. Bahkan pipa juga sering dipakai untuk alat mengalirkan air hujan yang berasal dari atas genteng menuju permukaan dan berguna mencegah bocor dan rembes pada bagian atas rumah.

Komponen Penting Pada Pipa

Pipa termasuk dalam elemen bangunan yang paling fungsional, umumnya pipa di rumah berguna mengalirkan air bersih hingga cairan pada limbah domestik. Fungsinya yang tergolong cukup krusial, maka memilih pipa perlu diperhatikan serta diputuskan dengan matang ketika akan membangun rumah.

Pipa yang Anda temukan terbuat dari material yang beragam dan disesuaikan berdasarkan fungsinya. Ada pipa yang bisa dibuat menggunakan besi namun ada juga yang dibuat menggunakan bahan plastik.

Untuk komponen paling penting di sistem perpipaan sudah pasti jawabannya adalah pipa itu sendiri. Pipa masuk ke dalam salah satu material penting yang sering dipakai untuk membangun sebuah konstruksi.

Tidak hanya untuk menyalurkan air, ada juga pipa besi yang berguna untuk menyangga bangunan, rangka plafon dan lainnya. Ketika memilih pipa banyak hal yang perlu diperhatikan, tidak hanya terbatas pada jenisnya saja akan tetapi juga komponen lain yang perlu diperhatikan yakni sambungannya.

Sambungan pipa sendiri mempunyai fungsi serta kegunaan yang berbeda. fungsi tadi berbeda diantara jenis pipa dan perlu diketahui jika pemakaian sambungan di pipa tidak akan selalu sama atau pemakaian sambungan pipa perlu disesuaikan dengan bentuk pipa yang digunakan.

Jenis Pipa Yang Umum Ada di Rumah

Jenis pipa ini memang sangat banyak namun terdapat beberapa jenis pipa yang memang umum dipakai di rumah. Supaya lebih mudah dalam memahaminya maka berikut adalah penjelasannya.

a. Pipa PVC

Banyak dari Anda sering mendengar yang namanya pipa PVC. Pipa ini adalah pipa yang dibuat menggunakan termoplastik berjenis polyvinyl chloride serta tidak memiliki kandungan zat berbahaya. Pipa ini paling umum dipakai di rumah serta multifungsi.

Pipa PVC umumnya juga digunakan untuk saluran air hujan, air bersih sampai dengan air kotor. Pipa PVC terkenal akan proses instalasinya yang mudah, kuat, mudah dipotong, dan harganya juga cukup terjangkau.

Kelebihan dari pipa PVC yakni tidak memiliki kandungan berupa zat berbahaya jadi sangatlah aman untuk digunakan, cukup kuat, tidak mudah terbakar, mudah dibentuk, dan beratnya ringan. Karakteristik tersebut membuat pipa PVC sangat berguna menjaga aliran air supaya tidak tersendat.

Walaupun memiliki banyak kelemahan namun pipa ini juga mempunyai kekurangan. Salah satunya yaitu ketika pipa ini sudah dibentuk maka akan sulit untuk diubah lagi dan bahannya yang plastik membuatnya akan cenderung mudah pecah dibandingkan bahan logam maupun besi.

b. Pipa Logam

Jenis pipa lain yang sering ada pada bangunan dan rumah yaitu pipa besi ataupun logam. Pipa ini umumnya Anda temukan pada kitchen sink ataupun wastafel dikarenakan kekuatannya dalam menahan panas.

Bila berbicara mengenai daya tahan sudah pasti pipa logam ini akan jauh tahan lama dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

c. Pipa HDPE

pipa ini terbuat dari bahan plastik non-toxic yang mempunyai warna khas hitam. Pipa HDPE (High Density Polyethylene) terkenal akan karakternya yang lentur serta aman digunakan guna mengalirkan air konsumsi.

Pipa ini juga berguna menjadi solusi perpipaan di daerah yang memang rawan longsor, rawan gempa, dan tanah lebih. Pipa HDPE juga sering digunakan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) guna mengalirkan air ke rumah warna dikarenakan karakteristiknya yang kuat dan elastis menunjang untuk hal tersebut.

d. Pipa PEX

Pipa ini sering dimanfaatkan untuk nantinya mengalirkan air panas serta air dingin ke rumah dan juga instalasi hidrolik yang umumnya akan dipakai pada sistem mesin di industri. Penggunaan tadi karena sifat yang dimilikinya yakni tahan dengan suhu ekstrim.

Pipa PEX ini merupakan kependekan dari Cross-Linked Polyethylene dan mempunyai berbagai macam warna yang tentunya memudahkan identifikasi pada saluran air panas serta dingin. Instalasi pipanya termasuk sederhana jika dibandingkan jenis pipa yang lainnya dikarenakan hanya perlu memakai cincin penghalang khusus yang berguna mengamankan sambungan.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi dari distributor pipa besi Jakarta terkenal dan terpercaya mengenai jenis pipa yang paling sering Anda temukan di rumah. Tentunya masing-masing pipa tadi memiliki kelebihan, kekurangan, dan fungsinya masing-masing. Penting untuk memahami kegunaannya sebelum memutuskan untuk membeli pipa yang paling sesuai dengan kebutuhan agar penggunaannya bisa di maksimalkan.