Potensi Dan Keuntungan Menjadi Makeup Artist

Spread the love

Potensi Dan Keuntungan Menjadi Makeup Artist

Perkembangan zaman hingga media sosial membuat profesi makeup artist (MUA) semakin banyak dilirik. MUA menjadi salah satu profesi di bidang kecantikan yang kini paling dicari untuk berbagai kesempatan.

Jasa MUA sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin tampil maksimal saat wisuda, pertunangan, pernikahan, ulang tahun maupun saat-saat penting lainnya. Tren ini membuat profesi MUA memiliki peluang yang menjanjikan. Kenapa demikian? Berikut penjelasannya.

Potensi MUA sebagai Profesi Menjanjikan di Masa Depan

Potensi keuntungan dan fleksibilitas waktu menjadi alasan banyak orang tertarik dengan profesi MUA. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa MUA merupakan salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan.

Tidak Semua Orang Bisa Merias Wajah

Profesi MUA memiliki potensi yang cukup bagus sebab tidak semua orang tidak jago berdandan. Bagi masyarakat yang tidak bisa menggunakan peralatan kosmetik seperti blush on, eyeshadow, maskara, dan lain sebagainya tentu akan lebih memilih menggunakan jasa MUA.

Misalnya saja untuk acara wisuda kampus, pertunangan, pernikahan, dan acara formal lain yang banyak membutuhkan jasa MUA.

Bisa Dilakukan Siapa Saja

Menjadi kabar baik karena profesi ini tidak membutuhkan latar belakang pendidikan tertentu. Semua orang bisa menjadi MUA dengan belajar dan berlatih menggunakan peralatan kosmetik menjadi seni rias wajah yang menarik.

Anak-anak muda, karyawan kantor hingga ibu rumah tangga memiliki peluang yang sama untuk menjadi seorang MUA. Tidak terbatas pada perempuan karena para lelaki juga bisa menjalankan profesi ini.

Memiliki Penghasilan Yang Besar

Potensi penghasilan yang menjanjikan merupakan salah satu alasan banyak orang ingin menjadi MUA. Anda bisa dibayar Rp 100.000 atau lebih untuk jasa makeup yang diberikan pada setiap orang. Bayaran MUA akan mengikuti tingkat pengalaman atau jam terbang yang dimiliki.

Para MUA yang memiliki jam terbang tinggi, biasanya mendapatkan bayaran yang semakin tinggi pula. Apalagi bagi Anda yang memiliki sertifikasi khusus, seperti merias wajah yang bisa menjadi nilai lebih untuk mematok tarif yang tinggi.

Bahkan untuk MUA yang jadi langganan para artis atau publik figur, penghasilan yang didapatkan dari sekali makeup bisa mencapai jutaan Rupiah.

Keuntungan Menjadi MUA

Setiap profesi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan profesi seorang makeup artist atau MUA. Berikut ini beberapa keuntungan menjadi seorang MUA.

1. Mengikuti Lifestyle Dan Fashion Yang Berkembang

Pekerjaan MUA menuntut seseorang untuk lebih update dengan tren makeup, lifestyle, dan fashion terkini. Dengan profesi ini Anda akan lebih banyak belajar mengikuti perkembangan lifestyle, fashion hingga makeup yang sedang naik daun.

Intinya, MUA harus terus belajar untuk meningkatkan skill agar bisa memberikan kualitas makeup yang maksimal. Beberapa skill yang wajib dimiliki MUA antara lain teknik merias wajah, memilih produk sesuai jenis kulit client, mampu mengatur waktu, kreatif, inovatif, dan lain-lain.

2. Bisa Berkolaborasi Dengan Brand Makeup

Anda yang memiliki profesi sebagai MUA juga memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan brand-brand kosmetik. Banyak perusahaan kosmetik dan kecantikan yang bekerja sama dengan MUA untuk mempromosikan produknya. Cara ini memberikan win-win solution bagi MUA maupun perusahaan.

3. Fleksibel

Keuntungan menjadi seorang MUA adalah pekerjaannya yang lebih fleksibel. Anda tidak akan terikat dengan aturan bekerja 8 jam dari pagi hingga sore seperti karyawan kantor. Seorang MUA dapat bekerja sesuai dengan jadwal atau permintaan client.

Selain itu, pekerjaan ini juga bisa dijadikan sebagai sampingan. Misalnya karyawan kantor atau bahkan ASN bisa juga menjalankan bisnis dengan menyediakan jasa MUA. Selama tidak mengganggu jadwal kerja dari profesi utama, bisnis MUA bisa Anda jalankan dengan lancar.

4. Jenjang karier

Seorang MUA juga memiliki potensi untuk mengembangkan karier lebih baik lagi. Jenjang karier bagi MUA antara lain:

Peserta Pelatihan

Biasanya diawali dengan menjadi seorang peserta pelatihan kecantikan. Pelatihan ini bisa diselenggarakan oleh lembaga pendidikan atau kursus, brand kosmetik hingga MUA profesional. Anda bisa memanfaatkan kesempatan menjadi peserta untuk mulai mengembangkan karier di dunia MUA.

Makeup Assistant

Setelah memiliki kemampuan-kemampuan menggunakan peralatan makeup, Anda bisa menjadi seorang makeup assistant. Biasanya tugas dari profesi ini adalah membantu MUA utama dalam mengerjakan tata rias wajah client.

Make Up Artist

Di tingkat yang lebih tinggi, Anda bisa menjadi seorang makeup artist yang membuka jasa tata rias sendiri. Anda bisa menawarkan jasa makeup ke lingkungan sekitar, teman, keluarga, rekan kerja hingga masyarakat luas melalui media sosial.

Chief MUA

Bagi yang sudah berpengalaman dan expert, MUA akan menjadi panutan bagi MUA-MUA lain. Biasanya seorang chief MUA memiliki karyawan yang dapat mewakilinya untuk melayani pelanggan yang ingin makeup.

Kesimpulan

Menurut pemberi jasa makeup artist Jakarta Selatan, bahwa perkembangan zaman hingga tren membuat potensi dan keuntungan menjadi makeup artist sangat menjanjikan. Tren makeup yang terus berkembang, MUA akan terus dibutuhkan di masa depan.

Pekerjaannya cukup fleksibel dan bayarannya pun lumayan untuk sekali makeup. Apakah Anda tertarik menjadi seorang MUA? Untuk awal pastikan Anda mempelajari atau mengikuti kursus terkait dengan makeup dan hairdo.

Kemudian membuka tester makeup kepada orang-orang terdekat sembaring meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Anda.